Poker Online

Kamis, 09 Januari 2020

thumbnail

CANDI YANG TERDAPAT DI INDONESIA

Zeusonline99 -- Berbicara mengenai candi di Indonesia, Kalian pasti teringat pada Candi Borobudur ataupun Candi Prambanan. Nggak heran, mengingat kemegahan dan popularitas kedua Candi ini memang sudah menyebar bahkan hingga ke penjuru dunia.

Tetapi bukan hanya 2 candi itu saja yang terdapat di indonesia, Masih banyak lagi yang terdapat candi yang jarang dikunjungi wisatawan sehingga jarang terekspos. Nah kali ini saya akan membahas beberpa candi lagi yang ada di indonesi, Berikut ulasannya.

1. CANDI ARJUNA DIENG


Merupakan kumpulan candi yang terletak di kaki pegunungan Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah. Kumpulan candi Hindu beraliran Siwa ini dibangun antara akhir abad ke-8 sampai awal abad ke-9 dan konon merupakan candi tertua di Jawa. 

Karena letaknya menyebar, wisatawan kebanyakan berkumpul menikmati indahnya komplek Candi Arjuna, yang terdiri atas 4 candi yakni  Candi Arjuna, Candi Srikandi, Candi Sembadra dan Candi Puntadewa. Tepat di depan Candi Arjuna terdapat Candi Semar.

2. CANDI MENDUT


Candi Mendut adalah sebuah candi berlatar belakang agama Buddha. Candi ini terletak di desa Mendut, kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, beberapa kilometer dari candi Borobudur.

Candi Mendut didirikan semasa pemerintahan Raja Indra dari dinasti Syailendra. Di dalam prasasti Karangtengah yang bertarikh 824 Masehi, disebutkan bahwa raja Indra telah membangun bangunan suci bernama veluvana yang artinya adalah hutan bambu. Oleh seorang ahli arkeologi Belanda bernama J.G. de Casparis, kata ini dihubungkan dengan Candi Mendut. 

3. CANDI NGAWEN


Candi Ngawen adalah candi Buddha yang berada kira-kira 5 km sebelum candi Mendut dari arah Yogyakarta, yaitu di desa Ngawen, kecamatan Muntilan, Magelang. Menurut perkiraan, candi ini dibangun oleh wangsa Syailendra pada abad ke-8 pada zaman Kerajaan Mataram Kuno. 

Candi ini terdiri dari 5 buah candi kecil, dua di antaranya mempunyai bentuk yang berbeda dengan dihiasi oleh patung singa pada keempat sudutnya. Keberadaan candi Ngawen ini kemungkinan besar adalah yang tersebut dalam prasasti Karang Tengah pada tahun 824 M.
Simak Juga : Zeusonline89

4. CANDI GEDONG SONGO


Masih dari daerah Jawa Tengah yaitu Semarang, terdapat situ candi purbakala bernama Candi Gedong Songo. Candi bernuansa Hindhu ini berada di Ambarawa, Kabupaten Semarang. Diperkirakan candi ini didirikan pada tahun 927 masehi di jaman Wangsa Syailendra. Kenapa namanya candi gedong songo, karena situs candi tersebut memiliki 9 buah candi yang merupakan satu kesatuan.
Agen Resmi Poker Online

5. CANDI PENATARAN


Candi Penataran merupakan kompleks Candi Hindu terbesar di Jawa Timur yang telah ada sejak masa kerajaan Kediri. Menilik informasi dari prasasti Palah, Candi ini diduga dibangun pada 1194 oleh Raja Crnga (Syrenggra) yang bergelar Sri Maharaja Sri Sarweqwara Triwikramawataranindita Crengalancana Digwijayottungadewa dengan nama Candi Palah. Awalnya candi ini juga dibangun sebagai tempat upacara pemujaan untuk menolak mara bahaya dari Gunung Kelud yang kala itu kerap meletus.

Indonesia memang memiliki banyak sekali obyek menarik yang bisa ditelusuri termasuk berbagai Candi Hindu-Buddha yang nggak cuma memiliki arsitektur menakjubkan, tetapi juga nilai historis dan sakral yang menarik. Setelah mengintip pesona candi-candi di Indonesia. Kalau kamu punya rekomendasi liburan ke candi-candi yang lain, bisa kamu share di kolom komentar

Baca Juga : GEREJA TERTUA DI INDONESIA

Subscribe by Email

Follow Updates Articles from This Blog via Email