Poker Online

Sabtu, 04 Januari 2020

thumbnail

GEREJA TERTUA DI INDONESIA

ZEUSONLINE99 -- Pada kesepatan kali ini saya ingin membawa kalian buat mengenal beberapa gereja peninggalan sejarah yang masih berdiri kokoh sampai saat ini. Keberadaan beberapa gereja tua tersebut, Menyimpan jejak sejarah perkembangan agama kristen di indonesia.

Bukan hanya dalam hal keagamaan tetapi gereja juga berperan penting dalam pembangunan negaa pada jaman penjajahan dulu. Tidak hanya memiliki nilai sejarah, Tetapi bangunan gereja tertua ini juga memiliki nilai arsitektur yang sangat indah.

Gereja - gereja tersebut juga merupakan cagar budaya yang harus dijaga dan dilestarikan sebagai peninggalan sejarah. Dan berikut ini adalah beberapa gereja terbesar di indonesia yang bisa anda temukan.

1. GEREJA BLENDUK


Gereja ini adalah salah satu gereja tertua di Jawa Tengah, Berdiri sejak tahun 1753 merupakan salah satu gedung yang digunakan pemerintah belanda pada jaman penjajahan dahulu. Gereja yang berada dijalan letjen suprapto no 32 ini memiliki ciri khas sendiri.

Berbentuk heksagonal (persegi delapan) dengan kubah besar yang dilapisi oleh perunggu menjadi salah satu ciri khas dari gereja ini. Bukan itu saja, Didalamnya juga terdapat sebuah Orgel Barok dibuat berdasarkan salib yunani.

2. GEREJA SIKKA


Sikka adalah nama desa sebuah kampung kecil di pesisir selatan Pulau Flores, Ditengah kampung ada sebuah bangunan kayu sederhana yang diberi nama gereja Sikka. Gereja ini selesai didirikan pada 1899 berdasarkan rancangan Pastor Antonius Dijkmans SJ, arsitek perancang Katedral Jakarta.

Arsitekturnya bangunan bergaya Baroque, gaya arsitektur yang populer di Eropa pada zaman itu. Ornamen - ornamen dinding tembok tergambar motif - motif tenun ikat tradisional masyarakat Sikka.

3. GEREJA IMANUEL


Gereja Immanuel adalah gereja tertua dan bersejarah di Kota Medan. Gereja yang berada tepat di depan Kantor Gubernur Provinsi Sumatera Utara, di Jalan Diponegoro Nomor 24-27, Medan ini dibangun pada tahun 1921.

Arsitektur gereja ini bergaya khas Eropa dengan gaya Renaissance, Terdapat pula menara yang puncaknya berbentuk kubah. Dinding menaranya dihiasi empat jam dinding menghadap ke empat arah yang berbeda. Selain jam, atap gereja pun cukup unik dan menarik karena ternyata terbuat dari kayu besi yang diambil dari hutan Kalimantan.

4. GEREJA KATEDRAL BANDUNG


Gereja Katedral Bandung, atau Katedral Santo Petrus, adalah sebuah gereja yang terletak di Jalan Merdeka, Babakanciamis, Bandung. Bangunan ini dirancang oleh Charles Prosper Wolff Schoemaker dan bergaya arsitektur neo-Gothic akhir.

Dilihat dari atas bentuknya menyerupai salib yang simetris, Katedral Santo Petrus mempunyai luas tanah sebesar 2.385 m² dan luas bangunan sebesar 785 m². Lebih dari sekedar bangunan yang memiliki arsitektur yang khas, Katedral ini ternyata menjadi saksi bisu tentang perjalanan panjang perkembangan umat Katolik di (Keuskupan) Bandung.

5. GEREJA IMANUEL JAKARTA


Gereja Immanuel awalnya adalah gereja yang dibangun atas dasar kesepakatan antara umat Reformasi dan Umat Lutheran di Batavia. Pembangunannya dimulai 1834 hasil rancangan J.H. Horst. Gereja Immanuel saat ini adalah bagian dari Gereja Protestan di Indonesia bagian Barat (GPIB).

Bangunan gereja bergaya klasik bercorak bundar di atas fondasi tiga meter, menghadap Stasiun Gambir. Di bagian ini terlihat jelas serambi persegi empat dengan pilar-pilar paladian yang menopang balok mendatar.

6. GEREJA KATEDRAL JAKARTA


Gereja Katedral Jakarta adalah sebuah gereja di Jakarta. Gedung gereja ini diresmikan pada 1901 dan dibangun dengan arsitektur neo-gotik dari Eropa, yakni arsitektur yang sangat lazim digunakan untuk membangun gedung gereja beberapa abad yang lalu.

Ada 3 menara di Gereja Katedral, yaitu: Menara Benteng Daud, Menara Gading dan Menara Angelus Dei. Menara ini dibuat dari besi. Bagian bawah didatangkan dari Nederland dan bagian atas dibuat di bengkel Willhelmina, Batavia.

Itulah berbagai gereja bersejarah yang ada di Indonesia. Selain nilai sejarah, gereja-gereja tertua ini juga memiliki arsitektur keren yang menjadikannya sebagai objek wisata religi yang sangat menarik. Semoga bermanfaat buat kita semua.

Subscribe by Email

Follow Updates Articles from This Blog via Email

3 Comments

avatar

Bingung Mencari Agent BO IDN terpercaya ?
Kami punya solusi nya buat para bos ku bosku yang hobby bermain domino :)

Ayo buruan daftarkan diri anda sekarang juga di www viabola88 com

Dengan hanya minimal deposit 25 rb anda bisa menangkan hadiah hingga jutaan rupiah :)

Tunggu apa lagi bosque buruan daftarkan diri anda sekarang juga bersama viabola dan jadilah jutawan bersama viabola

Tidak cuma itu saja dengan 1 user bosku bisa memainkan jenis game yang lainnya

Berikut Promo Bersama ViaBola

Bonus Depo VIABOLA
- Bonus Depo New Member 10%
- Bonus Depo Harian 10% (sehari 1x)

Bonus Mingguan VIABOLA
- Bonus CashBack up to 10% ( Sportbook )
- Bonus Referal 2% ( All Games )
- Bonus Rollingan up to 0.8% ( Casino & Slot )
- Bonus Rollingan up to 0.5% ( Poker )

dan berikut sosial media yang bisa kamu hubungi

WA : +855962044524
Line : viabola
Fanpage FB : @viabola

Reply Delete