Poker Online

Kamis, 02 Januari 2020

thumbnail

5 MASJID TERTUA DI INDONESIA

Indonesia adalah salah satu negara Islam terbanyak didunia, Sudah pasti banyak mempunyai bangunan Masjid sebagai tempat beribadah. Dan bila kita lihat sejarahnya Islam telah masuk ke Indonesia pada abad ke 12.

Masjid artinya tempat sujud, dan sebutan lain bagi masjid di Indonesia adalah musholla, langgar atau surau. Istilah tersebut diperuntukkan bagi masjid yang tidak digunakan untuk Sholat Jum'at, dan umumnya berukuran kecil. Selain digunakan sebagai tempat ibadah, masjid juga merupakan pusat kehidupan komunitas muslim.
Kegiatan-kegiatan perayaan hari besar, diskusi, kajian agama, ceramah dan belajar Al Qur'an sering dilaksanakan di Masjid. Bahkan dalam sejarah Islam, masjid turut memegang peranan dalam aktivitas sosial kemasyarakatan hingga kemiliteran.

Oleh sebab itu saya akan merangkum sedikit sejarah Masjid yang ada di indonesia, Karna menurut saya kita harus banyak tahu sejarah pembuatan Masjid yang ada sampai sekarang ini. Dan berikut Masjid yang dibangun dari ratusan tahun lalu :

1. MASJID SAKA TUNGGAL (1228)


Masjid yang terletak didesa cikakak, Kecamatan Wangon ini dibangun pada tahun 1228 seperti tertulis pada saka guru (Tiang Utama) masjid. Tapi dalam membuat masjid ini lebih jelas ditulis dalam buku-buku oleh para pendiri masjid ini adalah Kyai Mustolih, Tapi buku-buku ini telah hilang bertahun-tahun yang lalu.

Mengapa Masjid ini diberikan nama Masjid Saka Tunggal, Karena pilar tunggal yang digunakan ialah melambangkan bahwa ALLAH  adalah hanya satu. Dan dibeberapa tempat terdapat hutan pinus yang banyak dihuni oleh ratusan monyet jinak dan ramah.

2. MASJID WAPAUWE (1414)


Masjid Wapauwe adalah masjid yang sangat bersejarah dan merupakan masjid tertua di Maluku. Umurnya mencapai tujuh abad. Masjid ini dibangun pada tahun 1414 Masehi. Masjid yang saat ini masih berdiri dengan kokohnya, menjadi bukti sejarah Islam di Maluku pada masa lampau.

Masjid Wapauwe berada di daerah yang mengandung banyak peninggalan purbakala, Sekitar 150 meter dari masjid ke arah utara. Di tepi jalan raya terdapat sebuah gereja tua peninggalan Portugis dan Belanda yang telah hancur akibat konflik agama yang meletus di Ambon pada tahun 1999 lalu.

3.  MASJID AMPEL (1421)


Masjid Ampel adalah sebuah masjid kuno yang berada di bagian utara Kota Surabaya, Jawa Timur. Masjid ini didirikan oleh Sunan Ampel, dan didekatnya terdapat kompleks makam Sunan Ampel.

Saat ini Masjid Ampel merupakan salah satu daerah tujuan wisata religi di surabaya. Masjid ini dikelilingi oleh bangunan berarsitektur tiongkok dan arab, Disamping kiri halaman Masjid Ampel, terdapat sebuah sumur yang diyakini merupakan sumur yang bertuah, biasanya digunakan oleh mereka yang meyakininnya untuk penguat janji.

4. MASJID AGUNG DEMAK (1474)


Masjid ini terletak di desa kauman, demak, jawa tengah ini dipercayai pernah merupakan tempat berkumpulnya para ulama (wali) penyebar agama Islam, disebut juga Walisongo, untuk membahas penyebaran agama Islam di tanah Jawa khususnya dan Indonesia pada umumnya.

Di dalam lokasi kompleks Masjid Agung Demak, terdapat beberapa makam raja-raja Kesultanan Demak dan para abdinya. Di sana juga terdapat sebuah museum, yang berisi berbagai hal mengenai riwayat berdirinya Masjid Agung Demak.

5.  MASJID SULTAN SURIANSYAH (1526)


Masjid ini dibangun pada masa pemerintahan Tuan Guru (1526-1550), Raja Banjar yang pertama masuk islam. Masjid ini terletak di utara Kecamatan Kesehatan, Banjarmasin Utara, Banjarmasin, daerah yang dikenal sebagai Banjar Lama merupakan ibukota Kesultanan Banjar untuk pertama kalinya.

Arsitektur tahap konstruksi dan atap tumpang tindih, merupakan masjid bergaya tradisional banjar, Gaya masjid tradisional di banjar mihrabnya memiliki atap sendiri terpisah dengan bangunan utama. Masjid ini dibangun di tepi sungai dikecamatan kesehatan.

Demikian informasi mengenai 5 Masjid di Indonesia yang Memiliki Misteri Keajaiban. Jika masih ada masjid peninggalan kerjaan jaman dahulu, teman - teman bisa menilskan didalam kolom komentar. Karna masih banyak keajaiban-keajaiban di Indonesia yang ada termasuk legenda dan peninggalan nenek moyang kita.

Subscribe by Email

Follow Updates Articles from This Blog via Email

2 Comments

avatar

Bingung Mencari Agent BO IDN terpercaya ?
Kami punya solusi nya buat para bos ku bosku yang hobby bermain domino :)

Ayo buruan daftarkan diri anda sekarang juga di www viabola88 com

Dengan hanya minimal deposit 25 rb anda bisa menangkan hadiah hingga jutaan rupiah :)

Tunggu apa lagi bosque buruan daftarkan diri anda sekarang juga bersama viabola dan jadilah jutawan bersama viabola

Tidak cuma itu saja dengan 1 user bosku bisa memainkan jenis game yang lainnya

Berikut Promo Bersama ViaBola

Bonus Depo VIABOLA
- Bonus Depo New Member 10%
- Bonus Depo Harian 10% (sehari 1x)

Bonus Mingguan VIABOLA
- Bonus CashBack up to 10% ( Sportbook )
- Bonus Referal 2% ( All Games )
- Bonus Rollingan up to 0.8% ( Casino & Slot )
- Bonus Rollingan up to 0.5% ( Poker )

dan berikut sosial media yang bisa kamu hubungi

WA : +855962044524
Line : viabola
Fanpage FB : @viabola

Reply Delete