Poker Online

Kamis, 19 Desember 2019

thumbnail

Tranportasi Yang Hampir Lenyap di Makan Zaman

Seiring perubahan zaman, moda transportasi di Indonesia kini juga semakin berkembang pesat. Yang dahulu kala semua masih dikerjakan secara manual, kini serba beralih ke tenaga mesin. Sebenarnya, Indonesia itu kaya dengan jenis transportasi tradisional. Mungkin sebagian sudah sering dijumpai dan dikenal, sedangkan sisa lainnya ada yang belum populer di kalangan masyarakat.

Nah, ada baiknya kita mengetahui tentang alat-alat transportasi zaman dahulu agar kita tidak menjadi manusia yang jumawa karena tidak sadar dan menghargai sejarah, berikut adalah macam - macam transportasi yang hampir punah karena perkembangan zaman.

1. Ojek Sepeda


Sepeda ontel dulu pernah menjadi transportasi utama, namun seiring perkembangan zaman sepeda ontel mulai ditinggalkan. Walaupun begitu, kendaraan tradisional yang satu ini sampai sekarang masih bertahan dan bisa kita jumpai di Stasiun Jakarta Kota, Jakarta Barat dan di Kota Tua.
Agen Resmi Poker Online

2. Becak


Transportasi roda 3 yang masih ada di Indonesia ini adalah transportasi yang ramah lingkungan. Becak tidak menyebabkan kebisingan dan juga polusi. Becak pernah dilarang di Jakarta di tahun 70-an karena kehadirannya yang menjamur. Namun, baru-baru ini ada wacana bahwa becak akan diizinkan beroperasi lagi, tetapi hanya di jalan-jalan lingkungan saja. Becak adalah kendaraan tradisional yang juga memiliki daya tarik tersendiri di mata wisatawan yang berkunjung ke beberapa daerah di Indonesia.

3. Bemo


Mungkin orang-orang yang lahir di tahun 2000-an nggak tahu apa itu bemo. Bemo adalah kendaraan roda tiga yang mampu mengangkut 5-7 orang penumpang aja nih, cukuplah se-geng gitu. Tapi kendaraan ini hanya bisa ditemui di Jakarta aja sayangnya. Dengan kemajuan teknologi dan transportasi di era modern ini, bemo masih belum kalah lho dan masih beroperasi di Jakarta. Mau coba naik kendaraan legend? Langsung aja cari di Jakarta, sob!

4. Gethek


Gethek adalah alat transportasi air tradisional terbuat dari bambu yang disambung menjadi satu, dengan dayungnya setonggak bambu.
Ukuran panjang gethek 4 meter dengan lebar 2,5 meter. Untuk wilayah kalimantan sangat banyak sekali penduduk yang bepergian menggunakan gethek pada jarak dekat.

5. Delman


Alat Transportasi ini tidak ada disemua daerah. Banyaknya di daerah Jawa. Alat kemudinya adalah kuda yang diposisikan didepan untuk mengangkut sewa.
Karena keberadaannya tidak disemua daerah, maka tidak semua warga Indonesia dapat menikmati Delman.

6. Bentor


Alat kendaraan Bentor adalah singkatan dari Becak Motor yang merupakan kendaraan roda tiga. Menurut laman Wikipedia, Bentor berasal dari Gorontalo. Namun, dibeberapa daerah, Bentor juga bisa dijumpai selain Gorontalo. Sepeda motor menjadi alat kemudi Bentor yang berada dibelakang. Beda dengan Delman, dimana alat kemudinya berada di depan.

7. Perahu Klotok


Kalau yang satu ini khusus untuk wisata air nih. Namanya Perahu Klotok, cocok buat kamu yang penasaran gimana rasanya berkeliling di hutan kayak film Jurassic Park. Di Banjarmasin, wisata yang menggunakan klotok masih banyak digunakan untuk berkeliling desa melalui jalur air.

Udah pernah naik yang mana aja nih? Atau belum pernah naik semuanya? Langsung aja datangin mereka untuk merasakan sensasinya.

Subscribe by Email

Follow Updates Articles from This Blog via Email

No Comments