Poker Online

Kamis, 26 Desember 2019

thumbnail

10 Hewan Hampir Punah

Pada kesempatan kali saya ingin mengajak kalian mengenal hewan-hewan yang terdapat di indonesia, kalian harus mengetahui bahwa di indonesia banyak jenis hewan yang terdapat seperti Unggas, Mamalia, Reptil, Primata dan masih banyak lagi.

Akan tetapi yang ingin saya bahas adalah beberapa hewan langkah yang akan punah di indonesia, oleh sebab itu kita harus menjaga kestabilan ekosistem pada wilayah yang terdapat hewan-hewan langka tersebut. Dan berikut daftar hewan yang hampir punah di indonesi :
Agen Resmi Poker Online

1. Elang Jawa


Burung elang jawa adalah salah satu spesies elang yang berukuran sedang yang endemik, jenis burung ini diputuskan menjadi maskot hewan langka yang ada di indonesia. Elang jawa ini memiliki ciri khas yang sangat menonjol, seperti jambul yang hanya tumbuh 2-4 helai dengan panjang 12cm dan ukuran tubuh elang ini 60-70cm. Dengan corak bulu coklat gelap pada bagian sayap dan punggung, sedangkan corak bulunya berwarna coklat bergaris hitam.

2. Cendrawasih Papua


Masih dalam kelas burung, Burung cendrawasih ini banyak kita jumpai diwilyah bagian timur indonesia tepatnya di Selat Torres. Burung yang satu ini dikenal sebagai jenis burung pengicau dengan memiliki panjang sekitar 33cm. Karna wana dan suaranya yang bagus, Burung ini sering diburu oleh para pemburu hewan langka, Untungnya pemerintah telah mengeluarkan UUD thn 1990 tentang satwa hampir punah.

3. Jalak Bali


Jalak Bali hanya ditemukan di hutan bagian barat Pulau Bali, Burung ini juga merupakan satu-satunya spesies endemik dengan kisaran panjang antara 22 sampai dengan 26 cm sewaktu dewasa. Keberadaan hewan endemik ini dilindungi undang-undang. Untuk mencegah terjadi ancaman kepunahan yang makin serius, sebagian besar kebun binatang di seluruh dunia menjalankan program penangkaran jalak Bali.

4. Gajah Sumatra


Mungkin saat ini jumlah populasi Gajah Sumatera tak lebih dari 1000 ekor saja, sehingga menurut WWF spesies yang merupakan satu dari enam sub-spesies Gajah yang masih bertahan hidup hingga saat ini dan hewan langka yang terancam punah (critically endangered). Bila diamati dari bentuk Bobot gajah sumatera sekitar 3-5 ton dengan tinggi 2-3 meter. Kulitnya terlihat lebih terang dibanding gajah lain, Ciri mencolok lainnya ada pada bagian atas kepala.

5. Badak Jawa dan Sumatera


Badak Sumatera (Dicerorhinus sumatrensis) dan Badak Jawa (Rhinoceros sondaicus) juga menjadi perhatian penting bagi pemerintah dan para pecinta lingkungan. Badak sumatera (Sumatran rhino) dan Badak Jawa (Javan rinho) merupakan dua dari 5 spesies badak yang masih mampu bertahan dari kepunahan, selain badak india, badak hitam afrika, dan badak putih afrika. Namun, kedua badak ini sudah masuk dalam kategori sangat terancam atau critically endangered.

6. Harimau Sumatera


Menurut WWF spesies yang merupakan satu dari enam sub-spesies harimau yang masih bertahan hidup hingga saat ini dan termasuk dalam klasifikasi satwa kritis atau hewan langka yang terancam punah (critically endangered). Warna kulit harimau Sumatera merupakan yang paling gelap dari seluruh harimau, Dan memiliki tinggi hingga 60 cm dan panjang dari kepala hingga kaki mencapai 250 cm dan berat hingga 140 kg.

7. Komodo Nusa Tenggara


Habitat komodo (Varanus komodoensis) di alam bebas telah menyusut akibat aktivitas manusia dan karenanya IUCN memasukkan komodo sebagai spesies yang rentan terhadap kepunahan, Dengan jumlah populasi yang tinggal kurang lebih 5000 ekor saja. Komodo ini bisa tumbuh sampai ukuran 2-3 meter panjangnya dan berat badannya bisa mencapai 70kg.

8. Orang Utan Sumatera dan Kalimantan


Menurut laporan IUCN selama 75 tahun terakhir populasi orang utan Sumatera telah mengalami penurunan sebanyak 80%, Laju kehilangan tersebut dilaporkan mencapai sekitar 1000 orang utan per tahun. Tinggi tubuh orangutan sumatera sekitar 1,25-1,5 meter dengan berat tubuh berkisar 30-50 kg (betina) dan 50-90 kg (jantan). Ciri lain orangutan sumatera adalah postur tubuh yang besar, lengan yang panjang dan kuat, kaki pendek, dan tidak memiliki ekor.

9. Anoa Sulawesi


Anoa merupakan hewan endemik pulau sulawesi tepatnya di provinsi Sulawesi Tenggara dengan berat antara 150-300 kg dan tinggi 75 cm, Hewan ini termasuk fauna peralihan (Asiatic – Australis). Diperkirakan saat ini jumlahnya tidak lebih dari 5.000 ekor di alam bebas, Ancaman kepunahan memang tak lepas dari perilaku masyarakat yang sering memburunya untuk diambil kulit, tanduk, serta dagingnya.

10. Penyu Belimbing Irian Jaya


Penyu belimbing (Dermochelys coriacea) atau Leatherback adalah penyu terbesar sekaligus pun penjelajah handal lautan. Penyu belimbing dapat mempunyai ukuran panjang sampai 3 meter dengan berat dewasa menjangkau 900 kg. Penyu belimbing adalahsatu dari tujuh jenis penyu yang terdapat di dunia. Penyu belimbing Juga adalahsalah satu dari enam spesies penyu yang bisa ditemukan di Indonesia. Sayangnya, penyu belimbing juga termasuk di antara dari 71 fauna langka yang berstatus Critically Endangered. Bahkan tergolong satu dari tujuh reptil sangat langka di Indonesia.

Nah, demikianlah sederet satwa atau hewan langka yang ada di Indonesia yang bisa saya bahas. Sebagai warga negara yang baik, sudah sepatutnya kita ikut menjaga kelestarian hidupnya dengan berbagai cara dan upaya, misalnya mencegah perburuan dan menjaga habitatnya. Jika kalian mau menambahkan lagi hewan apa saja yang hampir punah, kalian bisa komend dikolom bawah ya.

Subscribe by Email

Follow Updates Articles from This Blog via Email

1 Comments