Poker Online

Kamis, 26 Desember 2019

thumbnail

Tumbuhan Langka Di indonesia

Negara kepulauan kita, Indonesia adalah salah satu negara yang populer akan kekayaan sumber daya alam. Beragam tanaman hias maupun tumbuhan langka di Indonesia pun bisa tumbuh dengan subur di negara sub-tropis yang sangat kita cintai ini.

Sehingga tak sedikit pula dari tanaman tersebut ada yang dilindungi karena jumlahnya yang terbatas atau kian menipis seiring perjalanan tahun. Pada artikel ini, kami akan membahas beragam tumbuhan langka di Indonesia yang harus kamu ketahui, Tumbuhan-tumbuhan tersebut sudah dilindungi karena sulit untuk ditemui.

1. Kantong Semar


Tumbuhan langka di Indonesia pertama yaitu pohon Kantong Semar yang bahkan telah dikenal di dunia karena keunikannya, Keunikan utamanya terletak pada kemampuan Kantong Semar dalam memangsa serangga seperti lalat, lebah, dan kumbang. Sayangnya, keberadaan Kantong Semar saat ini sudah semakin langka sehingga harus menambah upaya pelestarian agar tak punah.
Agen Resmi Poker Online

2. Pohon Ulin


Pohon ulin atau bulian atau kayu besi merupakan salah satu tanaman khas Indonesia yang berasal dari Kalimantan, Kayu ulin sering diambil sebagai bahan konstruksi seperti rumah, jembatan, atau kapal laut karena memiliki kualitas yang sangat baik. Akibatnya, saat ini keberadaan pohon ini semakin sedikit dan mulai dikategorikan sebagai tumbuhan langka di Indonesia yang harus dilestarikan.

3. Pohon Damar


Pohon damar juga termasuk kategori tumbuhan langka di Indonesia yang sudah semakin terancam punah karena pengaruh eksploitasi, Tumbuhan yang dapat mencapai tinggi 60 meter ini selain dimanfaatkan kayunya juga sering diambil getahnya untuk pembuatan kopal. Uniknya, pohon ini memiliki nama yang berbeda seperti misalnya pohon salo (Ternate), ki damar (Sunda), dayungon (Samar), dan kisi (Buru).

4. Raflesia Arnoldi


Raflesia Arnoldi adalah tumbuhan yang terancam punah, Tumbuhan ini mengeluarkan bau busuk yang sangat menyengat sehingga tak heran bila sering disebut sebagai bunga bangkai,Bunga ini terkenal di dunia karena memiliki ukurannya yang besar dengan diameter 1 meter dan berat mencapai 10 kilogram. Tumbuh mekarnya bunga ini berkisar antara 9 bulan, Selanjutnya bunga ini akan mekar hingga 7 hari lamanya sebelum akhirnya layu dan mati.

5. Bunga Bangkai Raksasa


Mirip dengan raflesia arnoldi, memiliki bau yang juga busuk seperti bangkai untuk mengundang datangnya lalat dan kumbang guna membantu proses penyerbukan. Tumbuhan dengan bunga terbesar di dunia dan berasal dari suku talas-talasan, Banyak dijumpai di wilayah Sumatera. Nama lain dari bunga bangkai raksasa adalah batang krebuit, suweg raksasa, dengan nama latin amorphophallus titanium becc.

6. Cendana


Pohon cendana atau cendana wangi adalah penghasil minyak dan kayu. Manfaat kayu cendana adalah sebagai aromaterapi, bahan pembuatan dupa, campuran parfum, dan rempah-rempah. Tanaman cendana berawal dari tanaman parasit. Ia tidak dapat tubuh sendiri karena akarnya tak mampu menopang pertumbuhan tanaman. Kayu cendana sukar untuk dibudidayakan, Kayu cendana wangi sudah jarang dijumpai, sehingga berdampak pada harganya yang tinggi.

7. Anggrek Tebu


Merupakan jenis anggrek raksasa, Berat dan besarnya melebihi ukuran anggrek pada umumnya. Satu rumpun dewasa spesies anggrek tebu dapat mencapai berat sampai dengan 1 ton, panjang malai sampai dengan 3 meter dengan diameter sepanjang 1,5 hingga 2 cm. Yang dimaksud dengan malai adalah rangkaian atau untaian bunga. Saat ini persebaran di Indonesia memang cukup sulit di temukan, namun masih terdapat di jambi, kalimantan, dan di hutan papua.

8. Anggrek Hitam


Anggrek dengan nama ilmiah coelogyne pandurata ini mempunyai bunga yang khas, yaitu warna lidah bunga hitam. Di luar dikenal dengan sebutan black orchid sedangkan untuk daerah Kalimantan Timur menyebut spesies anggrek ini dengan nama Kersik Luai. Persebaran anggrek hitam di Indonesia masih terdapat di Kalimantan timur, namun hal ini semakin sulit ditemukan semakin banyaknya tambang dan pembukaan lahan di sana.

9. Pakis Ekor Monyet


Termasuk dalam jenis tumbuhan yang sudah langka dan jarang dijumpai, Nama lain pakis ekor monyat yaitu pakis sun go kong, pakis hanoman, dan sebagainya. Ketika tanaman pakis lain mempunyai daun, tampilan tanaman pakis ini berbeda. Ia tidak berdaun tetapi mempunyai rambut dan bulu-bulu serupa monyet. Perawatan tanaman tergolong mudah, tapi budidayanya susah dan tanaman pakis ekor monyat juga banyak dicari oleh pengoleksi jenis tumbuhan langka/kolektor.

10. Enau


Tanaman yang mempunyai nama latin arenga pinnata ini berasal dari suku arecaceae, Palma paling penting sesudah kelapa, mempunyai banyak manfaat dan serba guna, salah satunya sebagai penghasil gula. Enau dapat tumbuh besar dengan tinggi sampai dengan 25 meter. Diameter batang enau sekitar 65 cm. Karakteristik batangnya kuat, kokoh, atasnya berselimut serabut hitam yang disebut ijuk atau injuk. Ijuk ini sebetulnya adalah pelepah daun.

Banyak cara yang dilakukan pemerintah untuk mencegah kepunahan tumbuhan-tumbuhan ini, salah satunya dengan melakukan penangkaran. Sebagai warga Indonesia yang cinta akan kekayaan hayati Nusantara, gak ada salahnya untuk mendukung gerakan pemerintah tersebut, salah satunya dengan mengimbau dan gak ikut-ikutan merusak tanaman langka yang ada

Subscribe by Email

Follow Updates Articles from This Blog via Email